Tentang Kami

Diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation (OSF), Festival Kota Lama adalah sebuah wadah nirlaba yang fokus  mengembangkan lingkungan Kota Lama Semarang bersama berbagai ahli dan investor baik dalam maupun luar negeri, untuk menjaga aset sejarah Kota Lama Semarang.

Di balik kecantikan bangunan-bangunan bersejarah di Kota Lama, terdapat semangat yang aktif untuk mempertahankan, menjaga, dan melestarikan kekayaan budaya Kota Semarang ini.

Maka, Festival Kota Lama hadir setiap tahun dengan berbagai tema yang mendukung terwujudnya visi Kota Semarang untuk menjadi kawasan wisata berstandar internasional.

Kisah Kami

Festival Kota Lama telah diadakan sejak tahun 2012 dengan selalu mengusung tema Kuno Kini Nanti. Dalam setiap tahun pelaksanaanya, tema tersebut akan menjadi titik sumbu untuk memaknai Kota Lama dan Semarang dalam berbagai kekayaan perspektif yang sebelumnya tidak banyak dikenali khalayak.

Acara ini bukan sekedar merayakan kebudayaan Semarang yang telah ada, namun juga mampu meningkatkan ketertarikan masyarakat akan Kota Lama yang terlihat dari bertambahnya animo pengunjung Festival Kota Lama dari tahun ke tahun. Hal tersebut kemudian berdampak pada perluasan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak, baik dari masyarakat sekitar, pemerintah, institusi pendidikan, komunitas, bahkan hingga mancanegara. Berbagai usaha pun turut tumbuh serta berbagai calon investor mulai melirik kawasan Kota Lama yang terus bertumbuh hingga sekarang ini. Diharapkan Festival Kota Lama dapat tetap mengena di hati masyarakat, dinanti, dan menjadi media bertumbuh bersama.

Festival Kota Lama 2019

Waktu: Kamis – Minggu / 12-22 September 2019
Lokasi: Taman Kota Lama, Gedung Marabunta, ex. Marabunta

 

Festival Kota Lama adalah ‘mesin waktu’ yang mengajak pengunjungnya untuk tak hanya sekedar bernostalgia ke masa lalu Semarang, namun juga melihat perkembangan di masa kini, dan turut melestarikan kekayaan ini untuk masa nanti, untuk mewujudkan Kota Lama Semarang sebagai detinasi kelas dunia.

Di tahun 2019 ini, Festival Kota Lama diadakan lagi untuk ke-8 kalinya dengan dukungan dari berbagai pihak, baik perusahaan swasta, institusi pemerintahan dan pendidikan, komunitas, kalangan seniman dan budayawan, hingga beragam elemen masyarakat lainnya.